Kehidupan Melajang vs Menikah

by -55 views

Benarkah orang yang belum menikah memiliki kehidupan sosial dan pertumbuhan psikologis yang lebih besar dibanding orang sudah menikah.

Sebuah survey BPS th.2017 mengungkapkan tentang indeks kebahagiaan sbb :

Orang belum menikah (71,53), sedangkan orang sudah menikah (71,09), sedangkan orang yang cerai hidup (67,83) dan indeks kebahagiaan orang yang cerai mati (68,37). Indeks Kebahagiaan oleh siapa pun sangat dipengaruhi hubungan mereka dengan orang lain. Hal penunjang lain nya adalah terpenuhi nya tujuan hidup mereka dalam berbagai hal termasuk financial dan karier.

Orang belum menikah arti nya berfokus pada diri sendiri, aspirasi dan tujuan pribadi sembari tetap memiliki dan menjaga hubungan dengan keluarga, teman maupun lingkungan sosial lainnya.

Question of Life :

Apakah normal/wajar hidup sendiri dan tidak mencari pasangan ?

Apakah pasangan yang telah menikah berarti tidak dapat hidup bahagia ?

Tidak ada yang salah dengan keputusan hidup sendiri (belum menikah/lajang) maupun sebuah keputusan untuk hidup berpasangan dalam suatu pernikahan.

Tentukan lah kehidupan terbaik versi Anda, dan hanya Anda lah yang paling mengerti dan memahami kebutuhan diri sendiri.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak menikmati hidup dengan bahagia

Yang menentukan sebuah kebahagiaan BUKANLAH SEBUAH STATUS hubungan namun adalah melainkan lebih kepada SEBUAH TUJUAN. Sebuah kebahagiaan adalah hak semua orang dengan status apapun. Kebahagiaan bukan lah untuk di kejar atau dicari namun kebahagiaan haruslah DICIPTAKAN.

Keputusan apapun adalah sebuah keinginan pribadi. Anda secara pribadilah yang menentukan apa yang benar-benar membuat Anda bahagia dan nyaman.

Menikah adalah SALAH SATU jalan meraih kebahagiaan, namun bukan satu-satu nya jalan kebahagiaan.

Kehidupan pernikahan dan kehidupan melajang (belum menikah) adalah dua kehidupan yang berbeda namun sama-sama memiliki kebahagiaan masing-masing yang tak dapat saling di perdebatkan karena hal ini sesungguhnya lebih pada sebuah komitmen dalam sebuah pilihan hidup. Hidup ini adalah sebuah perjalanan yang harus memilih, setidak nya bukan hanya sekedar perihal kebahagiaan namun ada yang lebih penting adalah kesetiaan&komitmen.