Melawan bayangan Stres & Depresi

by -161 views

⏩ Bayangan Stres dan Depresi

Tidak jelasnya tujuan hidup seseorang akan mematikan semangat dalam melangkah dan memaksimalkan potensi diri.
Hidup seolah menjadi tak bermakna karena kebosanan yang dialami, hadirnya rasa takut gagal, malu, menyalahkan keadaan, takut dan cemas akan masa depan.
Stres dan depresi menjadi bayangan yang seolah nyata akan menghampiri, hal ini karena lemahnya kita merespons keadaan yang terjadi.
Satu hal yang menjadi tantangan dalam menjalani masa depan adalah keraguan dan rasa takut.
Rasa takut sesungguhnya adalah mencari-cari kesalahan masa depan, andai saja masa depan adalah sesuatu yang pasti tentu rasa takut itu akan hilang. Rasa takut tersebut justru yang akan menjatuhkan kita ke dalam lubang kegagalan. Suatu kegagalan yang diciptakan dan direncanakan sendiri oleh rasa takut.
Kala ketakutan menguasai maka disaat yang sama pikiran akan lumpuh.
Depresi akan menghantui orang-orang dengan kebiasaan membandingkan hidupnya, tidak peduli seperti apapun kondisinya depresi seolah-olah menjadi teman dekat. Hal ini terjadi karena mereka tidak menjadi pribadi yang utuh.
Setiap orang memiliki visi dan strategi masing-masing dalam hidupnya sehingga karya yang dihasilkan pun tentu berbeda-beda, maka tak sepantasnya membandingkan dengan diri orang lain yang justru membuka pintu depresi semakin lebar.
Orang-orang yang tak memiliki visi dan tujuan dalam hidup bagai menggapai mimpi tanpa tujuan (kaburnya visi hidup). Anda akan menemukan kebermaknaan hidup ketika Anda memiliki visi dan tujuan hidup yang jelas. Visi dan tujuan mampu mengubah hidup kita menuju nilai positif.

Orang yang hidup tanpa tujuan atau bingung dengan kehidupannya biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

❌ Orang yang tidak tahu apa yang diinginkan.

Mereka bingung akan hidup yang dialaminya ; tidak tahu harus melakukan apa untuk memaknai hidupnya ; berkeluh kesah & menyalahkan keadaan ; punya harapan besar namun tidak melakukan tindakan dan bingung akan harapan yang dibangun ; motivasi diri sangat sedikit dan banyak energi negatif.

❌ Orang tahu apa yang di inginkan, namun tidak melakukan usaha untuk meraihnya.

Mereka mampu melakukan goal setting dan banyak pengetahuan, namun enggan dalam tindakan nyata. Bahkan mereka sebenarnya tahu bagaimana meraih tujuannya. Mampu merencanakan tujuan hidup namun RASA MALAS menguasai diri. Hidup terasa tak berirama jika tidak diseimbangkan antara apa yang dipikirkan dan dilakukan.

❌ Orang yang tahu pasti apa yang di inginkan, namun terpengaruh hal negatif orang lain.

Memiliki kepribadian yang lemah, mudah terpengaruh dan mudah mendengarkan ucapan orang lain. Pikirannya begitu labil.
Sesungguhnya mereka memiliki pengetahuan cukup tinggi hanya saja dihancurkan sendiri dengan terlalu mendengar perkataan orang lain.
Perlu diketahui bahwa kegagalan disebabkan salah satunya karena terlalu mendengarkan perkataan orang lain dan tidak percaya kemampuan diri.

🌟 Orang yang tahu apa yang di inginkan dan berusaha keras mendapatkannya hingga berhasil.

Memiliki tujuan jelas, mampu merumuskan yang harus dilakukan untuk mewujudkan tujuannya, semangat tinggi, kepribadiannya kuat dan penuh rasa percaya diri, menjadikan kegagalan sebagai sebuah batu loncatan untuk keberhasilan yang lebih besar, mampu mengevaluasi diri dari setiap langkah.
Tak ada keraguan dalam melangkah, memahami kekuatan pikiran akan mengubah tindakan lebih nyata.