Depresi suatu Emosi Negatif

by -630 views

▶️Depresi suatu Emosi Negatif

Tidak ada satu hal pun yang melelahkan bagi pikiran dan jiwa manusia kecuali depresi.
Depresi merupakan reaksi alamiah sebagai sinyal pada tubuh untuk berhenti memikirkan sesuatu yang berat.
Sejak usia dini pun yang harusnya dinikmati anak dengan penuh kebahagiaan terkadang juga menyisakan penggalan pengalaman yang membuat pikiran menyimpannya hingga dewasa kelak dan telah terekam di otak bawah sadarnya.
Masa kanak-kanak menjadi bagian yang cukup menentukan apakah kemudian ketika dewasa anak tersebut memiliki perilaku dan kepribadian yang tak wajar. Semua terbentuk dari masa ini, masa emas yang akan dibawa sampai akhir hidupnya.
Dalam setiap proses kehidupan kita masing-masing, semua berpeluang untuk menjadi sebab munculnya depresi, gejala yang dialami setiap orang pun berbeda-beda diantaranya sering mengeluh, marah besar, dan di lain pihak berusaha untuk menunjukan kepada orang lain bahwa dirinya tidak ada masalah.
Masing-masing individu memiliki perbedaan bagaimana melakukan penilaian dan bertindak dalam menghadapi masalah, semakin bertambahnya usia tingkat depresi juga akan semakin meningkat dan masalah yang dihadapi pun menjadi semakin kompleks.

Terdapat sekelompok orang yang mampu menyesuaikan diri dengan tekanan dan mampu melihat tekanan akan tetapi enggan memikirkannya serta merasa tidak terganggu oleh keadaan.
Terdapat sekelompok orang dengan empati tinggi dan meratapi kesedihan yang dirasakan setelah melihatnya walaupun apa yang dilihatnya tidak ada sangkut pautnya dengan dirinya.
Terdapat sekelompok orang yang mampu beradaptasi terhadap masalah, namun kelamaan suasama hatinya terganggu oleh keadaan yang dialaminya.


▶️Lebih dekat mengenal tentang DEPRESI

Setiap orang tentu pernah mengalami namanya STRESS, namun tidak semua orang pernah mengalami DEPRESI.
Stres tidak selalu buruk, ada pula stres yang cenderung positif. Stres adalah salah satu pemicu munculnya Depresi. (lihat slide perbedaan stres dan depresi)

Banyak orang memendam perasaan dendam justru menyebabkan dirinya jatuh dalam lubang ketidakberdayaan.
Ketidakberdayaan yang justru semakin memperdalam masalah yang dihadapi. Terkadang tidak mampu lepas dari jeratan masalah dan bingung mencari solusi untuk hidup bahagia.
Ketika rasa takut, ketidakberdayaan, demotivasi mulai nampak dalam diri maka keadaan tersebut akan mengantarkan pada fase DEPRESI.

Depresi tak mengenal usia maupun gender, namun lebih dominasi terjadi pada pihak perempuan.
Depresi adalah merupakan gangguan mental dan terganggunya fungsi manusia terkait dengan perasaan dimana kondisi mood seseorang mengalami ketidakstabilan yang mengakibatkan hilangnya motivasi dan terganggunya sistem energi dalam diri.

Mengapa DEPRESI dapat terjadi dan menghampiri hidup kita ?
Perasaan marah merasa tertekan terancam tak dihargai merasa bersalah tak berdaya yang terus menekan di dalam pikiran dan kemudian tersimpan dengan sangat rapi di pikiran BAWAH SADAR (hal ini pernah diulas pada materi Hipnoterapi)
Jika kita membiarkan masalah memimpin diri kita pada suatu saat hal itu akan muncul dari dalam pikiran bawah sadar dan akan menjadi stres yang dapat berkelanjutan pada keadaan depresi.
Depresi pada tingkat akut (tinggi) dapat memunculkan efek plasebo, yakni bahwa pikiran positif atau negative dan keyakinan akan terjadi sesuatu yang besar dalam dirinya. Apapun yang Anda pikirkan itulah yang akan Anda rasakan.
Stres dan depresi yang dialami terus-menerus akan menyebabkan psikosomatis, yakni keadaan dimana masalah psikis menyebabkan terjadinya sakit pada fisik.