Suatu HARAPAN

by -104 views

Apakah pasangan kita telah sesuai harapan? Ataukah menyesal karena pasangan tak sesuai dengan harapan kita dan tingkat ketidakpuasan menjadi sangat penting dan besar pengaruhnya.

Dalam lubuk hati terdalam ada pertanyaan-pertanyaan walau samar-samar dirasakan seperti berikut : “Andai saja dia tidak begitu” – “Andai saja dia mau berubah untuk memenuhi harapanku, pasti aku akan bahagia” – “Aku tidak bisa bahagia sebelum dia berubah.”

Apa yang terjadi bilamana pasangan gagal mengubah diri atau memenuhi harapan kita?

Kemungkinan besar jawabannya adalah kita tetap tidak puas atau frustasi, kesal dan marah karena yakin dialah yang membuat kita tidak bisa bahagia, atau karena dialah sumber masalahnya.

Sesungguhnya ketidakpuasan Anda langsung bersumber dari pasangan atau sebaliknya kebahagiaan Anda tertumpu pada perubahan pada pasangan Anda sesuai yang Anda harapkan, kita berharap semoga pasangan kita sedikit berbeda dari pribadinya yang sesungguhnya seperti berharap untuk mendapat pasangan yang agak lebih baik.

Sayangnya-bilamana pasangan benar-benar berubah yang sekali terjadi adalah kepuasan yang kita rasakan tidak bisa bertahan lama.

Bila menggantungkan kebahagiaan pada tuntutan agar pasangan berubah, hanya soal waktu sebelum kita menuntut perubahan-perubahan lain darinya.

Perubahan itu dinilai menjadi tidak cukup berarti lagi. Lebih banyak perubahan akan lebih baik.

Banyak dari kasus Marital Conflict (konflik pernikahan) salah satu penyebabnya adalah hal ini.

Jawaban atas permasalahan ini dapat berubah pertanyaan-pertanyaan seperti tersebut ini :

“Apakah yang akan terjadi bila aku bisa berhenti berharap agar dia mengubah diri supaya menjadi sempurna dimataku?”

“Apa yang akan terjadi bila aku memutuskan untuk mencintai dia apa adanya?”

Bila pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas Anda lakukan maka perubahan yang akan terjadi pada diri Anda (bukan perubahan pada diri pasangan lagi), yang terjadi adalah menerima kenyataan&memaafkan, tidak lagi menghakimi, kemampuan berkomunikasi tanpa defensif akan berkembang, kemampuan untuk mengembangkan sisi-sisi terbaik pasangan Anda.

Hasilnya adalah cinta yang Anda rasakan akan lebih tulus dan tanpa syarat.

Sesuatu yang ajaib akan terjadi bila Anda berhenti bersikeras bahwa Anda “benar” dan mulai bersikap lunak untuk mengakomodasi pasangan. Umumnya hasilnya adalah pasangan juga akan luluh dan Anda berdua bersama-sama akan menemukan cara untuk berkompromi menemukan penyelesaian yang masuk akal