All about Q & A PERSELINGKUHAN

by -1,009 views

“Semua berubah ketika kesetiaan terpatahkan dengan kejamnya PERSELINGKUHAN.” (Ratna Sari Psikolog)

  1. Permasalahan apa yg banyak dihadapi dalam pernikahan disaat pandemi ini?

🎧 Kecemasan ; Perubahan suasana hati (mood swing) ; Stres & Depresi ; Psikosomatis ; Konflik dalam pernikahan termasuk diantaranya persingkuhan merupakan kasus konsultasi yang tertinggi.

  1. Apa yg diartikan sebagai selingkuh? Apakah hubungan emotional saja atau sampai sejauh mana yg diartikan sbg selingkuh?

🎧 Perselingkuhan merupakan bahasa yang tepat dan yang banyak mewakili konflik dalam pernikahan.
Kejadian mengejutkan dan sulit di duga akan terjadi, dapat terjadi kepada siapa pun dan kapan pun.
Ketika Anda mulai terhubung dengan orang lain dan sekaligus mulai terputus dengan pasangan kebanyakan orang berpikir bahwa hubungan fisik yang dinamakan perselingkuhan namun kenyataannya yang sering tidak disadari bahwa kedekatan emosional adalah bagian utama dari sebuah perselingkuhan.

  1. Bagaimana awalnya sebuah perselingkuhan bisa terjadi ? Apakah ada org yg mengajak atau mereka hanya ingin sekedar coba2 atau inisiatif sendiri?

🎧 Perselingkuhan bisa saja terjadi ketika seseorang dekat dengan sahabat mereka dan secara tidak terduga berubah menjadi hubungan romantis. Terlalu banyak hal yang telah terjadi dan keduanya merasa hal tersebut sulit dihentikan.
Perselingkuhan dapat menyelinap masuk dalam kehidupan siapa saja, termasuk pasangan yang paling yang paling setia.
Ketika seseorang mulai menceritakan kehidupan pribadinya secara rinci,mimpi, harapan atau permasalahan rumah tangga kepada orang lain (lawan jenis) yang bukan pasangan, berarti Anda sudah tidak setia secara emosional.
Banyak penyebab dari perselingkuhan, apapun masalah pemicunya jangan mudah menyerah karena masalah utamanya adalah cara pasangan dalam menghadapi masalah mereka. Koneksi dengan pasangan kuncinya.

  1. Dari klien-klien yang berkonsultasi biasanya apakah penyebab perselingkuhan yang paling banyak? Apakah bosan atau mencari sesuatu yang baru?

🎧 CINTA tak hanya melibatkan emosi semata namun melibatkan sistem kerja otak terkait seks&reproduksi.
Hal ini lah yang menjadi penyebab secara umum mengapa terjadi perselingkuhan, bahkan disaat kita begitu MENGHARGAI CINTA.

  • Kurangnya kebutuhan seksual dalam pernikahan dikarenakan tidak menemukan banyak kesamaan lain diluar seks (keintiman fisik).
  • Kurangnya kebutuhan emosional dalam pernikahan dari pasangan menikah mereka (keintiman emosional).
  • Kurangnya pengakuan penghargaan oleh pasangannya atas segala usaha yang telah dilakukannya.
  • Menemukan cinta yang baru
  • Balas dendam karena adanya konflik atau tekanan karena di curigai serta disakiti oleh pasangannya.
  1. Apakah ada hubungan antara orang yang ketagihan selingkuh dengan kecanduan seks?

🎧 Dalam hal ini, ketagihan selingkuh mungkin tidak langsung berhubungan dengan kecanduan seks, tapi lebih menunjukkan sifat tidak dewasa, egois, impulsif, atau perilaku antisosial.
Bahkan, orang yang senang selingkuh terkadang memiliki sifat oportunis, alias hanya mengambil keuntungan dari kesenangan apapun tanpa peduli apa yang dipikirkan orang lain.
Sy melakukan pendekatan dengan istilah ketagihan selingkuh atau terjebak perselingkuhan.
Apa bedanya?
Pada kebanyakan kasus, orang-orang tidak melakukan perselingkuhan yang dilakukan berkali-kali. Walaupun demikian, ketika hubungan tersebut berakhir, kebanyakan dari orang yang pernah selingkuh mengakui bahwa perilaku tersebut adalah kesalahan besar. Banyak dari mereka yang tidak ingin mengulangi perbuatannya dan mencoba untuk mencegah selingkuh di masa depan. 
Sementara itu, bagi orang yang ketagihan selingkuh tidak melihat perilakunya ini sebagai penyelewengan. Bagi mereka, berselingkuh adalah sebuah prestasi yang dapat dibanggakan. Maka itu, perbedaan antara orang yang mengubah selingkuh menjadi candu dengan mereka yang terperosok ke lubang tersebut secara tidak sengaja adalah niat awal.

  1. Apa yg dimaksud dengan “selingkuh emosional”?

🎧 Motif perselingkuhan ini (terutama wanita) lebih didasarkan pada faktor emosional terhadap pasangan pria nya oleh karena beberapa hal mendasar yang terdapat ketidaksesuaian dalam menjalani pernikahan nya.
Rata-rata wanita berselingkuh karena dipicu ketidak bahagiaan pernikahan dan BUKAN karena nafsu.
Bila pria cenderung mencari hubungan fisik sebagai alasan perselingkuhan sedangkan wanita bermotif kebahagiaan hubungan yang rendah dalam perkawinannya.
Seorang wanita akan mengawali perselingkuhan secara emosional dahulu sebelum ke tahap berikutnya secara fisik.
Pada umumnya wanita lebih terbuka mengenai perasaannya dibanding pria, namun bila sang wanita HANYA memberitahukan apa yang perlu diketahui oleh pasangan prianya dan BUKAN TENTANG APA YANG WANITA RASAKAN. Bila demikian mungkin sang wanita telah menemukan pria lain untuk MENDENGAR berbagai permasalahan tersebut, inilah awal dari perselingkuhan secara emosional dengan orang lain.
Dalam kondisi ini sangat “dekat” dengan reaksi emosional, khususnya bagi pihak yang “di duakan” namun hati-hatilah dengan reaksi emosional ini, dapat membuat orang ketiga itu semakin kokoh mengambil alih peran Anda dan Anda pun semakin terpojok dan tersisih.

  1. Ada istilah yang mengatakan “sekali selingkuh, pasti selingkuh lagi” Bagaimana opini Anda?

🎧 Selingkuh bila dilihat dari sudut pandang psikologis merupakan suatu perilaku rumit yang didasari oleh alasan yang berlapis-lapis. Ketahuan oleh pasangan saja tak akan membuatnya kapok. Yang ada ia justru semakin mahir menutupi tindak-tanduknya. 
Tukang selingkuh bisa saja berubah dan menghentikan kebiasaannya. Namun, Anda memerlukan pendekatan dan metode yang tepat untuk sepenuhnya menghapus kecondongan selingkuh. 
Untuk berubah, Anda harus tahu akar permasalahannya dalam diri Anda, bukan pada diri pasangan. Maka selama Anda belum benar-benar memahami alasan selingkuh, perubahan rasanya hampir mustahil.

  1. Perselingkuhan yang dilakukan oleh pria atau wanita apakah ada perbedaannya?

🎧 Bila pria cenderung mencari hubungan fisik sebagai alasan perselingkuhan sedangkan wanita bermotif kebahagiaan hubungan yang rendah dalam perkawinannya. Akibat dari perselingkuhan wanita akan LEBIH dramatis, pasangan selingkuh wanita bisa memperlakukan sangat baik dan wanita tersebut mulai menyadari apa yang hilang dalam pernikahannya. Dalam kasus ini mungkin dia tidak menyesali perselingkuhannya.
Bila nyata terjadi perselingkuhan ini maka akan banyak perubahan pada diri si wanita baik dalam bentuk secara fisik maupun secara emosional dengan pasangan prianya karena telah ada “yang lain dan baru.

  1. Bisa dijelaskan secara singkat bagaimana perselingkuhan bisa membuat orang ketagihan?

🎧 Orang yang ketagihan selingkuh tidak melihat perilakunya ini sebagai penyelewengan. Bagi mereka, berselingkuh adalah sebuah prestasi yang dapat dibanggakan.
Orang yang sering berselingkuh memang sudah memiliki niat tersebut sejak awal sebelum hubungan terjadi. 
Bahkan, orang yang senang selingkuh terkadang memiliki sifat oportunis, alias hanya mengambil keuntungan dari kesenangan apapun tanpa peduli apa yang dipikirkan orang lain.

  1. Bisakah seseorang tidak lagi ketagihan selingkuh?

🎧 Perselingkuhan memang dianggap sebagai perilaku yang tidak etis alias hanya mendatangkan hal-hal buruk saja bagi setiap orang.
Namun, ketika ada seseorang yang ingin mengurangi perilaku ketagihan selingkuh yang mereka alami agar menjadi lebih baik ternyata perlu Anda hargai.
Dirangkum dari penjelasan seorang pakar psikologi klinis dan konseling Jay Kent-Ferraro, Ph.D., yang seharusnya menjadi fokus bukanlah apakah tukang selingkuh bisa berubah. Melainkan apa saja faktor yang membuat Anda mengkhianati pasangan dan mengapa caranya adalah dengan selingkuh. Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda baru saja menapakkan langkah pertama menuju perubahan.
Untuk berubah, Anda harus tahu akar permasalahannya dalam diri Anda, bukan pada diri pasangan. Selingkuh adalah pilihan Anda sendiri, tak ada yang bisa dilakukan pasangan Anda untuk mengendalikan perilaku Anda. Maka selama Anda belum benar-benar memahami alasan selingkuh, perubahan rasanya hampir mustahil.
Memang tak mudah untuk memahami alasan Anda atau pasangan selingkuh. Anda butuh kepekaan dan pemahaman diri yang cukup dalam. Untuk itu, Anda bisa melakukan konseling psikologis dengan seorang psikolog. Psikolog akan membantu menganalisis pola pikir Anda serta cara menghindari agar tidak terjebak lagi dalam perselingkuhan. Tanpa bantuan Psikolog profesional, memang sulit sekali bagi seorang tukang selingkuh untuk berubah dan mengakhiri kebiasaan buruknya.

  1. Bagaimana dampak perselingkuhan buat anak2?

🎧 Sakit hati, kecewa, merasa dikhianati sudah jadi dampak yang PASTI termasuk kepada ANAK saat tahu salah satu dari kedua orang tua nya selingkuh.
Dampak umum yang nyata bagi seorang anak adalah syok, marah, gelisah bahkan malu dengan lingkungan sekitarnya karena kasus perselingkuhan salah satu orang tua nya.
Dampak lain nya adalah anak tersebut akan kesulitan untuk membangun kepercayaan, cinta dan kasih sayang dengan seseorang di masa depan nya nanti.
Beri anak ruang dan waktu agar lebih memahami dan menerima fakta dan dampak emosi yang mereka harus tanggung, jangan harapkan anak dapat memahami atau langsung mengerti kondisi orang tua nya atau bisa memaafkan kedua orang tua nya langsung.

  1. Apa yg harus dilakukan seseorang agar bisa menghentikan kebiasaan selingkuh?

🎧 Perselingkuhan memang dianggap sebagai perilaku yang tidak etis alias hanya mendatangkan hal-hal buruk saja bagi setiap orang.
Namun, ketika ada seseorang yang ingin mengurangi perilaku ketagihan selingkuh yang mereka alami agar menjadi lebih baik ternyata perlu Anda hargai.
Dirangkum dari penjelasan seorang pakar psikologi klinis dan konseling Jay Kent-Ferraro, Ph.D., yang seharusnya menjadi fokus bukanlah apakah tukang selingkuh bisa berubah. Melainkan apa saja faktor yang membuat Anda mengkhianati pasangan dan mengapa caranya adalah dengan selingkuh?

  1. Pesan apa yg bisa berikan kepada pasangan2 dalam menghadapi perselingkuhan? 🎧 Dalam pengalaman saya sebagai konselor pernikahan dan konselor perselingkuhan yang banyak menghadapi para pasangan bahkan seseorang yang menjadi pihak ketiga, saya pribadi berkesimpulan bahwa tidak ada satu pun kisah perselingkuhan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang akan berakhir bahagia. Semua akan meninggalkan luka batin yang mendalam bahkan akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari.
    Ada banyak alasan menjadi pembenaran nya, tapi bukan berarti jadi orang ketiga itu adalah perbuatan yang dibenarkan.
    Perselingkuhan dan orang ketiga adalah hal yang tetaplah salah, karena hal tersebut mengingkari dan mengkhianati makna (arti) sebuah kesetiaan, sebuah komitmen bahkan sebuah cinta.
    Rasa kebahagiaan dalam suatu hubungan perselingkuhan adalah semu, karena sesungguhnya hal tersebut bukanlah kebahagiaan sejati namun adalah kesenangan sesaat saja.
    Gunakan masalah sebagai sebuah momentum perubahan cara komunikasi yang dapat saling memahami dalam situasi ikatan kebersamaan.
    Lebih memahami watak, sifat, karakter dan kepribadian pasangan lebih mendalam.
  2. Bilamana kami ingin berkonsultasi dgn ibu Ratna, mengenai keluarga atau pernikahan…dimana kami bisa menghubungi ibu Ratna?

🎧 Sebagai infomasi konsultasi kami by appoitment sebelumnya melalui E-Form Pendaftaran Online yg telah tersedia dalam aplikasi kami di Google Play Store Psikolog Surabaya. Anda dpt mendownload aplikasi tsb secara gratis.

Untuk informasi selengkapnya bisa menghubungi nomor WhatsApp kami di 081-231-767999 Cust.Serv akan membantu Anda.
Kunjungi dan follow media sosial kami di :

Check TESTIMONI mereka tentang layanan kami?
(klik link berikut) https://mybiolink.id/Testimony