the Reynhard effects (Sebuah Fakta Penyimpangan Perilaku)

by -66 views

Pengadilan Manchester, Inggris telah memutuskan hukuman seumur hidup kepada Reynhard Sinaga seorang WNI atas tindakan kriminal pemerkosaan yang terbesar sepanjang sejarah kriminal di Inggris.

Kasus ini memberikan dampak negatif yang luar biasa terhadap korban-korban maupun keluarganya

Banyak korban mengalami trauma mendalam, depresi dan sulit bangkit untuk menghadapi hidup, korban juga merasa pelaku telah merampas bagian hidupnya yang tak bisa kembali. Sebagian besar korban tidak dapat menerima kenyataan yang telah terjadi, bahkan korban dapat mengalami gangguan jiwa yang dapat berakhir dengan bunuh diri. Efek dan dampak kekerasan seksual dapat mencakup trauma fisik, emosional dan psikologis.

Hal ini lah yang sering kami sampaikan bahwa….

“Permasalahan kesehatan mental adalah hal yang serius dan dapat membawa konsekuensi resiko negatif terhadap penyimpangan perilaku dan kelangsungan sosialisasi yang sehat.” Bagaimana sesungguhnya dengan kepribadian pelaku?

Pelaku merasa semua yang ia rasakan adalah sesuatu yang normal dan sesuatu yang pantas ia dapatkan (tidak lagi bisa membedakan salah dan benar), sehingga ketika melakukan hal yang salah pun tidak akan menyesalinya.

Sosialisasinya pun nampak normal dan juga mampu berpikir secara logis karena pelaku sangat mampu melakukan peran yang manipulatif.

Bahkan pelaku mampu memainkan peran “playing victim” memposisikan diri seolah-olah sebagai korban dan tidak bertanggungjawab atas apapun yang pernah terjadi (pelaku tidak merasa bersalah atas situasi yang dia ciptakan sendiri). Bagaimana hal ini dapat terjadi ?

Kepribadian dari pelaku dan dampak kriminal yang dilakukannya bukan merupakan peristiwa tunggal, terjadinya kejadian seperti saat ini selain telah dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, juga latar belakang kehidupan pelaku sebelumnya yang berperan dapat membentuk karakter perilaku pelaku menjadi seperti ini.

Semua hal ini tidak terjadi serta merta atau terbentuk tiba-tiba dalam waktu singkat, tentu ada latar belakang pengalaman negatif pelaku yang kuat.

Perilaku semenjak kecil tentang pornografi, trauma masa kecil, pernah menjadi korban di masa lalu dan kini berubah menjadi pelaku yang mencari korban atau bahkan kebiasaan melakukan  pemerkosaan sebelumnya namun tidak terungkap.

Banyak faktor pemicu yang menjadi pendukung dan menjadi sebuah efek yang terakumulasi tanpa terkendali hingga pada titik seperti saat ini. Kami sangat prihatin dengan kejadian ini karena kami sangat memahami dampak negatif yang luar biasa dan dalam jangka panjang bagi para korban maupun keluarga kerabatnya.