Manajemen Stress

by -127 views

✔ Kenali siapa diri Anda

Jika Anda tidak mengenali siapa diri Anda, orang lain bisa mencoba menyatakan siapa diri Anda, tanpa disadari Anda membiarkan membiarkan orang lain memanipulasi Anda dan memaksa Anda mempercayai siapabAnda sebagai yang bukan diri Anda.

Banyak stres dalam kehidupan muncul karena kita bersembunyi dibalik topeng, menjalani kehidupan ganda, tidak bersikap apa adanya dihadapan orang lain atau berusaha menjadi orang lain yang bukan diri kita.

✔ Ketahuilah Prioritas Tujuan Anda

Prioritas akan memberikan petunjuk yang jelas sehingga tidak bias antara benar dan salah.

Tidak semua pihak akan setuju dengan kita, akan selalu ada pertentangan dan perbedaan,namun dengan prioritas akan membantu apa yang harus dilakukan.

Tanpa Prioritas akan ada 3 hal yang menjatuhkan Anda :

– Kritik, risau dengan yang dipikirkan orang lain tentang Anda.

– Kompetisi, khawatir orang lain akan melebihi Anda

– Konflik, Anda merasa terancam ketika orang lain tidak sependapat dengan Anda

Hampir tidak ada orang yang dapat membuat kita melakukan apapun, sehingga kita biasanya tidak dapat menyalahkan orang lain atas stres kita.

Ketika kita berkata “Aku harus…” sesungguhnya kita sedang berkata “Aku memilih..” Ketika kita merasa tertekan, kita sedang memilih untuk membiarkan orang lain membuat kita tertekan.

Kita tidak akan menjadi korban jika kita tidak membiarkan diri kita di tekan oleh tuntutan2 orang lain.

✔ Ketahuilah apa yang hendak Anda capai

“Aku tahu darimana aku datang dan aku tahu ke mana aku pergi.” Jika Anda tidak merencanakan hidup Anda, maka Anda akan ditekan oleh orang lain untuk melakukan yang mereka anggap penting.

Setiap hari Anda akan hidup berdasarkan Prioritas atau Tekanan.

“Apakah Anda sudah benar2 menghasilkan sesuatu ?” Kesibukan tidak selalu berarti produktivitas. Anda bisa saja sibuk sepanjang waktu namun tidak sedang menyelesaikan apa2. Persiapan (plan) membuat Anda tenang, dan menjauhkan Anda dari tekanan namun sebaliknya penundaan menimbulkan tekanan.